Karakteristik Ilmu Kimia

Karakteristik Ilmu Kimia – Pernahkah sobat melihat pesta kembang api pada perayaan tahun baru di tempat sobat ataupun di Televisi, serta pada pembukaan suatu pertandingan olah raga, atau perayaan-perayaan lainya.? Betapa indah dan menajubkan! Itu adalah salah satu aksi yang melibatkan proses kimia.

Percayakan sobat jika pada zaman dahulu ada dinosaurus yang skarang sudah punah.? Apa hubunganya dinosaurus dengan kkimia? Peneliti dari vakultas calivornia menggunakan ilmu kimia dan biologi untuk meneliti fosil dan membuka tabir punahnya dinosurus yang pernah ada di bumi yang kita cintai ini.

Menurut penelitian tersebut, dinosaurus punah dalam waktu singkat karena terjadinya pergantian iklim. Pergantian iklim terjadi karena adanya meteor yang melintasi bumi dengan kandungan iridium yang tinggi.

Kembang Api

Keajaiban lain misalnya pada peristiwa serangkaian bunga yang indah tumbuh, mekar, kemudian layu, namun bijinya dapat menumbuhkan pohon-pohon baru. Proses tersebut tidak lepas dengan proses yang melibatkan peristiwa kimia dan biologi. Sobat juga seing menggunakan Kalkulator, jam tangan, menonton televisi, atau menaiki kendaraan, dari manakah sumber energi dan bagaimanakah energi bekerja.? Hal ini juga melibatkan peristiwa kimia dan fisika.

Tentu masih bayak peristiwa-peristiwa yang terjadi di alam seperti gunung meletus, terjadinya hujan, terjadinya petir, maupun peristiwa buatan manusia yang dapat menggugah dan membangkitkan rasa ingin tahu sobat. Sungguh menarik terlalu banyak informasi yang dapat sobat gali. Peristiwa-peristiwa menarik yang telah kami sebutkan diatasĀ  dapat sobat pelajari melalui ilmu kima dan menghubungkanya dengan fisika, biologi, dan ilmu-ilmulainnya.

Umumnya fenomena alam yang terjadi di sekeliling kita melibatkan perubahan kimia, perubahan dari satu atau lebih zat menjadi zat lainya yang berbeda. Misalnya kayu yang di bakar di udara terbuka akan membentuk air, karbon dioksida (CO2) dan Zat lainya. Contoh lain misalnya peristiwa besi berkarat dan pembuatan tapai dengan proses fermentasi atau peragian.

Selain terjadi di alam, proses kimia juga terjadi di laboratorium, di dapur, di industri dan di dalam tubuh manusia. Jika tubuh kita bergerak, maka serangkaian reaksi kima terjadi untuk memberi energi pada otot-otot yang di ambil dari darah. Banyak binatang yang menggunakan zat kimia untuk mempertahankan diri dan membunuh musuh. Ada juga yang dilengkapi dengan pelindung tubuh yang kuat.

Kegiatan kimia di laboratorium atau di tempat lainya bertujuan untuk mengamati dan mengukur sistem pada kondisi tertentu serta menjelaskan hasil pengamatan. Misalnya , kegiatan mengamati reaksi antara belerang dan tembaga. Para siswa mengamati lempeng tembaga dan serbuk belerang sebelum direaksikan. Setelah direaksikan hasil reaksi di bandingkan, dianalisis, dan di simpulkan. Dari kegiatan diatas siwsa dapat menjelaskan sifat zat berdasarkan pengamatanya. Jadi, kima harus di pelajari melalui kegiatan percobaan tidak sempurna dan kurang bermakna.

Walaupun belajar kimia tidak mudah, namun jika sobat sabar, tekun dan memiliki kemauan yang kuat, tentu sobat akan mengerti dasar-dasar kimia. Website ini juga kedepanya akan membantu sobat dalam mengerti apa itu kimia , bagai mana proses kimia terjadi dan peran kimia dalam kehidupan sehari-hari.

Baca Juga :

Pengertian Kerja Kimia


Sifat Sifat Elektron

Nah sobat untuk kali ini pembahasan kita tentang Karakteristik Ilmu Kimia kita sudahi sampai di sini ya, semoga apa yang saya sampaikan bisa membantu sobat dalam memahami tentang ilmu kimia dasar, yang mana kedepanya kita akan terus update tentang berbagai ilmu kimia yang tentu saja akan semakin menarik dan membuat sobat semakin betah di website tercinta ini, nah akhir kata dari saya terima kasih dan sampai bertemu di lain kesempatan, terima kasih.

Incoming search terms:

  • karakteristik ilmu kimia
Karakteristik Ilmu Kimia | yasri | 4.5