Jenis Jenis Sejarah dan Penjelasanya

Jenis Jenis Sejarah dan Penjelasanya – Kisah manusia pada masa lampau hapir seluas kehidupan manusia itu sendiri. Sejarah merupakan bidang yang demikian luas, sehingga mereka yang berkecimpung di dalamnya membagi-bagainya atas bagian-bagian yang lebih kecil sesau dengan berbagai aspek kehidupan. Ada dua macam pembagian sejarah berdasarkan lapangan khusus. Pertama pembagian atas dasar ruang lingkup geografis, Yakni : Sejarah Dunia, Sejarah Wilahyah Regional, Sejarah Nasional, Sejarah Daerah, Sejarah Desa dan Sejarah Kota. Kedua, Pembagian sejarah tematis, Antara lain: Sejarah politik, Sejarah Ekonomi, Sejarah sosial, Sejarah Budaya, Sejarah Hukum, Sejarah Konstitusi, Sejarah militer, Sejarah Maritim, Sejarah Pendidikan dan Lain sebagainya.

Pengertian sejarah

Dalam penulisan sejarah di Indonesia di Kenal ada tiga bentuk tulisan berdasar ruang dan waktu, yaitu penulisan sejarah Nasional. Sedang apabila ditinjau dari isi dan tujuan penulisan sejarah dapat di bedakan menjadi kisah-cerita, bentuk didaktis, bentuk dramatis bentuk Heroik, bentuk patriotis, bentuk sastra politik dan bentuk karya sejarah ilmiah.

Penulisan sejarah tradisional meliputi ciri-ciri sebagai berikut ini :
a. Pada Umumnya karya-karya tersebut kuat dalam hal geneologi, Kronologi dan biografi
b. Tekanannya pada gaya cerita yang penggunaanya untuk pengajaran agama
c. Pertimbangan-pertibangan kosmologis dan strologis cenderung untuk menyimpangkan mengenai sebab akibat dan ide kemajuan
d. Lebih menekankan konsep kemajuan raja dan kesetiaan atau loyalitas yang bercorak ortodoks.

Penulisan sejarah kolonial lebih bercorak, Nederlandosentrrisme atau Eropasentrisme, dengan penekanan pada aspek politis, ekonomis dan institusional. sedangkan penulisan sejarah Nasional terdapat dua ciri yang menonjol, yaitu penggunaan metode-metode ilmiah secara trampil dan histografi untuk kepentingan nasional seperti tumbuh dan berkembangnya nasionalisme.

Menurut Taufik Abdullah dan Abdurahman Surjomihardjo (1985) penulisan sejarah Indonesia dibedakan atas tiga jenis penulisan, Yaitu :

1. sejarah ideologis, mempelajari masa lampau (sejarah) tidak semata-mata demi pengetahuan masa lampau tetapi demi lambang yang bisa diadakan untuk masa kini.
2. Sejarah Pewarisan, Ciri utamanya adalah kisah kepahlawanan perjuangan kemerdekaan
3. Sejarah Akademik, Sejarah jenis ini tidak bersifat ideologis dan tidak bersifat filosofis, penulisan sejarah ini berusaha memberikan gambaran yang jelas mengenai masa silam yang ditopang dengan tradisi akademik.

Baca Juga artikel sejarah Lainya :

Incoming search terms:

  • jenis jenis sejarah
  • jenis-jenis sejarah filsafat
  • penjelasa prasasti
  • jenis-jenis sejarah berdasarkan tematis
  • jenis sejarah kisah
  • jenis sejarah didaktis
  • jenis sejarah berdasarkan ruang lingkupnya
  • jenis jenis sejarah tematis
  • jenis jenis sejarah sastra
  • Ringkasan pembagian Sejarah secara geografis dan tematis
Jenis Jenis Sejarah dan Penjelasanya | yasri | 4.5