Gangguan Penyakit Pada Sistem Reproduksi Manusia

Sobat genggaminternet.com kali ini kita bertemu lagi di artikel tentang gangguan sistem reproduksi manusia, yang mana seperti yang kita ketahui bersama bahwa alat reproduksi manusia tentu sangatlah penting untuk kelangsungan generasi penerus, karena tanpa adanya reproduksi maka manusia akan punah karena tidak adanya generasi penerus, sungguh mengerikan bila itu terjadi, oleh karenanya kita haruslah mengenal dan memahami apa apa saja gangguan penyakit pada sistem reproduksi kita, sehingga jika kita sudah mengenal maka kita setidaknya bisa menghindar dan menjaga agar sistem reproduksi kita bisa selalu sehat.

penyakit reproduksi

Seperti yang kita singgung di atas, sistem reproduksi pada manusia bisa mengalami gangguan, gangguan itu bisa di sebabkan oleh penyakit ataupun kelainan yang terjadi pada tubuh sesorang. Gangguan pada Sistem reproduksi manusia bisa menyerang Baik itu pria ataupun wanita. Akan tetapi ada beberapa penyakit yang hanya menyerang Pria saja ataupun wanita saja, Baik untuk lebih mudahnya saya akan pisahkan Penyakit Reproduksi pria dan wanita seperti di bawah ini.

A. Gangguan Pada System Reproduksi Pria

1. Uretritis
Uretritis merupakan peradangan yang terjadi pada uretra dengan gejala rasa gatal pada penis dan sering buang air kecil. taukah sobat Organise yang paling sering menyebabkan uretritis adalah Chlamydia trachomatis , ureplasma urealytium atau virus herpes.

2. Prostatitis
Prostatitis merupakan peradangan yang terjadi pada prostat. hal ini di sebabkan bakteri. Seperti echerichia coli maupun bakteri lain.

3. Hipogonadisme
Hipogonadisme merupakan penurunan fungsi testis yang disebabkan oleh gangguan interaksi hormon, seperti hormon androgen dan hormon testoteron.
Pada Gangguan ini menyebabkan infertilitas ,impotensi dan tidak adanya tanda-tanda kepriaan. Penanganan dapat dilakukan dengan cara terapi hormon.

4. Kriptorkidisme
Kriptorkidisme merupakan kegagalan dari satu atau dua testis untuk turun dari rongga abdomen ke dalam skrotum pada waktu bayi. Hal ini dapat di tangani dengan pemberian hormone human chorionic gonadotropin untuk merangsang terstoteron. Jika belum turun juga , dilakukan pembedahan.

5. Epididimitis
Epididimitis merupakan infeksi yang paling sering terjadi pada saluran reproduksi pada pria. Organisme penyebab epididimitis adalah E.coli dan Chlamydia.

6. Orkitis
Orkitis merupakan peradangan pada testis yang disebabkan oleh virus parotis. Jika tejadi pada pria dewasa dapat menyebabkan infertilisasi.

gangguan sistem reproduksi

B. Gangguan Pada System Reproduksi Wanita

1. Gangguan Menstruasi
Taukah sobat genggaminternet.com bahwa gangguan menstruasi pada wanita dapat kita bedakan menjadi 2 jenis, yaitu :

Amenore primer
Gangguan ini terjadi karena Tidak terjadinya menstruasi sampai usia 17 tahun dengan atau tanpa perkembangan seksual
Amenore sekunder
Gangguan ini terjadi karena Tidak terjadi menstruasi selama 3-6 bulan atau lebih pada orang yang tengah mengalami siklus menstruasi.

2. Kanker genetalia
Kanker genetalia pada wanita dapat terjadi pada miss v,serviks dan ovarium

3. Kanker vagina
Taukah sobat hingga saat ini Kanker vagina belum di ketahui penyebabnya tetapi kemungkinan terjadi karena iritasi yang diantaranya di sebabkan oleh virus. Pengobatan antara lain dengan kemoterapi dan bedah laser.

4. Kanker serviks
Kanker serviks merupakan keadaan di mana sel-sel abnormal tumbuh di seluruh lapisan epitel serviks.penanganannya dilakukan dengan mengangkat uterus,oviduk,ovarium,sepertiga bagian atas vagina dan kelenjar linfe panggul.

5. Kanker ovarium
pada Kanker ovarium memiliki gejala yang tidak jelas. Dapat berupa rasa berat pada panggul perubahan fungsi saluran pencernaan atau mengalami pendarahan vagina abnormal. Penanganan dapat di lakukan dengan pembedahan dan kemoterapi .

6. Endometriosis
Endometriosis merupakan keadaan di mana jaringan endometrium terdapat di luar uterus yaitu dapat tunbuh disekitar ovarium,oviduk atau jauh di luar uterus. Misalnya paru-paru
Gejala endometriosis berupa nyeri perut,pinggang terasa sakit dan nyeri pada masa menstruasi. Jika tidak ditangani, endometriosis dapat menyebabkan sulitnya terjadi kehamilan. Penanganannya dapat dilakukan dengan pemberian obat-obatan,laporoskopi atau bedah leser.
Infeksi vagina
Gejala awal infeksi vagina berupa keputihan dan timbul gatal-gatal. Infeksi vagina menyerang wanita usia produktif. Penyebabnya antara lain akibat hubungan kelamin,terutama bila suami terkena infeksi,jamur atau bakteri.

sistem reproduksi
Saya Harap setelah membaca artikel ini, teman-teman akan lebih mengerti dan memahami tentang apa-apa saja gangguan sistem reproduksi pada manusia sehingga teman-teman bisa menjaga sistem reproduksinya dengan baik dan tidak terjadinya gangguan yang tidak kita inginkan. Nah saya rasa artikel untuk kali ini kita cukupkan sampai di sini dahulu ya, semoga artikel ini bisa membantu dan memudahkan teman-teman dalam mengerjakan tugas dan soal-soal biologi yang di berikan oleh bapak ibu guru sekalian, nah terima kasih sudah membaca, jangan sungkan untuk memberikan komentar di bagian bawah artikel ini, terima kasih.

Incoming search terms:

  • penyakit pada sistem reproduksi
  • gangguan sistem reproduksi
  • penyakit reproduksi
  • penyakit sistem reproduksi
  • Penyakit pada sistem reproduksi manusia
  • kelainan pada sistem reproduksi
  • gangguan pada sistem reproduksi
  • penyakit alat reproduksi
  • penyakit pada alat reproduksi
  • gangguan reproduksi
Gangguan Penyakit Pada Sistem Reproduksi Manusia | yasri | 4.5