Gangguan Dan Penyakit Pada Alat Pernapasan

Sahabat Genggaminternet kali ini kita akan mencoba untuk membahas mengenai Gangguan Alat Pernapasan, yang mana pada artikel sebelumnya kita sudah pernah membahas dan mengupas mengenai alat pernapasan pada manusia, jika sobat selalu mengikuti postingan artikel yang ada di website ini tentu teman-teman akan dengan mudah menemukanya. jika yang kesulitan menemukannya silahkan langsung saja lihat di daftar isi dan cari kategori Biologi, pasti sobat akan menemukanya. ūüôā

Tauka sobat jika pada pernapasan juga terdapat gangguan ataupun penyakit yang di sebabkan oleh infeksi ataupun sifat keturunan, Pernapasan akan terganggu apabila kita memiliki penyakit-penyakit ataupun gangguan-gangguan maka akan terasa tidak nyaman sama sekali dan bahkan kita tidak bisa bernapas. tak jarang dalam hal ini banyak orang yang di bantu oleh bantuan alat pernapasan, dan banyak pula yang meninggal akibat gangguan pernapasan ini.

gangguan pernapasan

Oleh karenanya alangkah lebih baiknya jika kita selalu berusaha untuk terus menjaga kesehatan alat pernapasan yang sudah Allah anugrahkan kepada kita semua, dengan Anugrah yang luar biasa itu kita haruslah menjaganya dengan seksama, karena terjadi gangguan sedikit saja maka kita akan sangat kesulitan dalam bernafas. Ada baiknya pula mulai dari sekarang kita lebih mengenal atau bahkan mengetahui gangguan-gangguan atau penyakit-penyakit pada alat pernapasan sehingga lebih mudah kita untuk mencegah secara dini, karena lebih baik mencegah dari pada mengobati, Baik mari langsung saja kita lihat berikut ini gangguan dan penyakit pada alat pernapasan.

Gangguan Dan Penyakit Pada Alat Pernapasan

Penyakit Pernapasan

Jika alat pernapasan terganggu akibat penyakit atau kelainan maka tentu saja proses pernapasan akan mengalami gangguan, dan bahkan bisa menyebabkan kematian. berikut ini silahkan di simak macam-macam gangguan pernapasan yang umum terjadi pada manusia.

1. Asma Atau Sesak Napas
Penyakit ini terjadi akibat dari penyubatan saluran pernapasan yang di sebabkan alergi terhadap rambut, bulu, debu atau tekanan psikologis, penyakit ini bersifat turunan, jika ibu atau ayah mempunyai penyakit asma maka kemungkinan besarnya anaknya akan mempunyai asma juga.

2. Influenza atau Flu
Flu merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus yang bernama influenza. Gejala yang muncul yakni pilek, hidung tersumbat, bersin-bersin, dan tenggorokan terasa gatal.

3. Tuberkulosis (TBC)
Pada penyakit ini merupakan penyakit pada paru-paru yang di sebabkan oleh serangan bakteri Mycobacterium tuberculosis. Difusi oksigen akan terganggu karena adanya bintil-bintil atau peradangan pada dinding alveolus. Jika bagian paru-paru yang diserang meluas, sel-selnya mati dan paru-paru mengecil. Akibatnya napas penderita terengah-engah.

4. Asidosis
Penyakit ini merupakan kenaikan kadar asam karbonat dan asam bikarbonat dalam darah, sehingga pemapasan terganggu.

5. Difteri
Penyakit ini teradi akibat adanya penyumbatan pada rongga faring atau laring oleh lendir yang dihasilkan kuman difteri.

6. Emfisema
Merupakan penyakit pembengkakan karena pembuluh darahnya kemasukan udara.

7. Pneumonia
Merupakan penyakit infeksi yang disebabkan oleh virus atau bakteri pada alveolus yang menyebabkan terjadinya radang paru-paru.

Macam-macam peradangan pada sistem pernapasan manusia :

a). Rinitis

Penyakit ini juga dapat terjadi karena reaksi alergi terhadap perubahan cuaca, serbuk sari, dan debu. Produksi lendir meningkat.

b). Faringitis

Radang pada faring akibat infeksi oleh bakteri Streptococcus. Tenggorokan sakit dan tampak warna merah. Seseorang yang menderita Faringitis harusnya banyak istirahat dan  antibiotik.

c). Laringitis

Penyakit ini terjadi akibat dari adanya Peradangan pada  bagian daerah tenggorokongan yakni pada bagian laring. Penderita serak atau kehilangan suaranya. penyebab dari Laringitis yakni diakibatkan karena infeksi, terlalu banyak merokok, meminum  alkohol, dan banyak serak.

d). Bronkitis

Radang pada cabang tenggorokan diakibatkan timbulnya infeksi. Sang Penderita akan mengakibatkan dirinya akan panas atau demam lalu banyak menghasilkan lendir yang menyumbat batang tenggorokan.

e) Sinusitis

Penyakit ini terjadi akibat adanay peradangan pada sinus. Sinus letaknya di daerah pipi kanan dan kiri batang hidung. Biasanya di dalam sinus terkumpul nanah yang harus dibuang melalui operasi.

f). Asfiksi

Merupakan gangguan pernapasan pada waktu pengangkutan dan penggunaan oksigen yang disebabkan oleh tenggelam (akibat alveolus terisi air), pneumonia (akibatnya alveolus terisi cairan lendir dan cairan limfa), keracunan CO dan HCN, atau gangguan sistem sitokrom (nzim pemapasan).

Materi ini di Sadur Dari : Buku Ajar Biologi, Hal : 21, Penerbit : Citra Pustaka, Penulis : Ikhsan Hanafi, S.Pd.

Demikian Macam ragam penyakit dan gangguan yang terjadi pada pernapasan manusia, oleh karena itu teman-teman haruslah berusaha untuk sebisa mungkin mencegah dan menghindari agar tidak terjangkiti penyakit pada pernapasan, penyakit pada pernapasan adalah penyakit yang sangat menyiksa. baik sampai di sini dahulu ya artikel kali ini, lain kesempatan kita akan bertemu lagi, terima kasih.

Incoming search terms:

  • penyakit pada sistem pernapasan
  • gangguan sistem pernapasan
  • GANGGUAN PERNAPASAN
  • gangguan pada sistem pernapasan
  • gangguan pernafasan
  • penyakit pernapasan
  • kelainan pada sistem pernapasan
  • penyakit pernafasan
  • Penyakit sistem pernapasan
  • Gangguan sistem pernafasan
Gangguan Dan Penyakit Pada Alat Pernapasan | yasri | 4.5