Fungsi Dan Struktur Lidah Sebagai Alat Indra

Fungsi Dan Struktur Lidah – Selama ini kita tidak pernah menyadari betapa pentingnya lidah bagi keberlangsungan hidup kita, bayangkan bila kita memiliki sedikit saja masalah pada lidah, apa yang terjadi ? Makan jadi tidak enak, minum juga tidak enak, berbicara pun susah semua serba tidak enak.

Karena lidah memiliki peran penting dalam proses hidup manusia. Semua jenis makanan dan minuman yang masuk pasti melewati lidah. Kita bisa berbicara pun karena memiliki lidah. Lalu apa pengertian lidah yang sebenarnya ? Mari simak pengertian lidah dan manfaatnya dibawah ini.

lidah

Pengertian Lidah

Lidah adalah sekumpulan otot rangka yang berada di mulut manusia dan berguna untuk membantu pencernaan dalam makanan, baik membantu mengunyah dan membantu manusia untuk menelan makanan. Dan lidah menjadi salah satu bagian dari kelima indra pada manusia yaitu berkedudukan sebagai indra pengecap karena memang fungsinya adalah untuk merasakan apa yang dimasukkan dalam mulut.

Bagian-Bagian Lidah

struktur lidah

Lidah terbuat dari otot rangka yang memiliki beberapa bagian sehingga lidah bisa merasakan berbagai macam rasa. Berikut adalah beberapa bagian dalam lidah. Papila filiformis, papila sirkumvalata, papila fungiformis. Papila adalah bagian lidah yang terdapat benjolan atau bintik-bintik dalam lidah yang berguna untuk merasakan sesuatu.

Fungsi Lidah Sebagai Alat Indra

Ada banyak manfaat lidah, salah satunya adalah membantu manusia untuk mengunyah makanan sampai lembut sehingga bisa diproses oleh sistem pencernaan untuk diambil sarinya. Selain itu juga membantu untuk menelan makanan yang sudah dikunyah agar bisa masuk kedalam sistem pencernaan dalam tubuh. Kemudian mampu merasakan beberapa rasa yang masuk kedalam mulut, baik manis, asam, pahit dan pedas. Kepekaan terhadap beberapa rasa ini berkaitan langsung dengan papila lidah seseorang.

Jadi apabila lidah kita tidak berfungsi dengan baik dapat dipastikan kita tidak bisa menikmati makanan dengan enak. Misalnya saja saat Anda minum atau mengonsumsi makanan yang terlalu panas biasanya lidah akan kehilangan kepekaan terhadap rasa. Setelah itu biasanya Anda tidak dapat merasakan apa-apa. Hal ini dikarenakan papila Anda sedang mati dan tidak dapat merasakan apa yang Anda makan. Namun setelah 1 hari biasanya papila akan kembai normal.

Menjaga lidah agar tetap sehat adalah cara mudah, Anda tidak perlu repot-repot untuk melakukan perawatan yang memakan biaya mahal, cukup dengan banyak minum air putih, makan makanan yang bergizi kemudian sikat lidah Anda dengan sikat lembut sehingga tidak banyak bakteri yang tinggal dilidah Anda. Karena bakteri ini bisa membuat lidah Anda menjadi sariawan. Dan Anda tahu konsekuensinya bila Anda sariawan dilidah, dapat dipastikan Anda akan kesakitan dan susah dalam menelan makanan. Hal ini pula yang berdampak pada ketidaklancaran proses pencernaan dalam tubuh.

Baca Juga : Fungsi Jaringan Otot DAN Bagian Bagian Sel Saraf

Saya rasa materi kita kali ini cukup sampai di sini, semoga saja penjelasan di atas cukup untuk sobat memahami serta menyelesaikan berbagai tugas yang di berikan oleh bapak/ibu guru. Share juga artikel ini ya kepada teman-teman yang membutuhkan. agar yang lainya juga mendapatkan manfaat yang serupa. Baiklah akhir kata dari saya, Terima Kasih.

 

Incoming search terms:

  • struktur lidah
  • gambar struktur lidah
  • gambar lidah
  • fungsi lidah
  • struktur lidah dan fungsinya
  • bagaimana struktur lidah sehingga disebut sebagai indra perasa
  • bagian lidah dan fungsinya
  • struktur dan fungsi lidah
  • bagian bagian lidah
  • bagian bagian lidah dan fungsinya
Fungsi Dan Struktur Lidah Sebagai Alat Indra | yasri | 4.5