Fungsi Dan Pengertian Jaringan Tulang

Fungsi Dan Pengertian Jaringan Tulang – Hallo sobat genggaminternet, kembali berusa kita pada edisi kali ini yang mana kita masih akan membahas mengenai materi Biologi yang pada kesempatan kali ini kita akan membahas artikel yang berjudul Pengertian dan Fungsi Jaringan Tulang yang mana artikel ini adalah untuk melengkapi artikel sebelumnya yang sudah saya bagikan di website tercinta ini, jika sobat belum membacanya silahkan sobat baca dahulu artikel Pengertian dan Fungsi Tulang Rawan, Nah setelah sobat membacanya kita bisa kembali melanjutkan pembahasan mengenai Pengertian Jaringan Tulang ini, Untuk sobat yang sudah tidak sabar langi ingin membacanya silahkan langsung di simak pembahasan lengkapnya di bawah ini ya sobat.

jaringan tulang

Jaringan Tulang terdiri atas sel-sel tulang atau oesteon yang tersimpan dalam matriks. Matriksnya terdiri atas zat pelekat kolagen dan endapan garam-garam mineral, terutama garam kapur dan kalsium. Makin bertambah usia hewan atau manusia. Kadar zat pelekat kolagen makin rendah, sedangkan zat kapurnya meningkat sehingga tulang menjadi semakin keras dan kuat. Proses ini disebut dengan kalsifikasi atau pengapuran.
Jaringan tulang terdapat pada seluruh rangka tubuh hewan dan manusia. Jaringan tulang mempunyai peran penting dalam memberikan sokongan dalam tubuh karena tulang merupakan komponen utama dari rangka. Tulang juga berperan untuk melindungi alat-alat tubuh yang lemah, tempat melekatnya otot rangka.
Berdasarkan susunan matriksnya jaringan tulang dapat di bedakan menjadi dua bagian, Yaitu tulang spon dan tulang keras atau kompak, untuk lebih jelasnya mari kita simak uraianya di bawah ini.

1. Jaringan Tulang Spon atau Karang.
Di sebut Jaringan Tulang Spon atau Karang apabila matriksnya berongga. Substansi mineralnya tersimpan dalam bangunan berlapis yang di kenal dengan lamela.

2. Jaringan Tulang Keras atau Kompak.
Di sebut jaringan tulang keras atau kompak apabila matriksnya rapat atau kompak

Jika dilakukan pengamatan terhadap sayatan melintang bagian yang keras dari tualang pipa dengan alat bantu mikroskop maka tampak adanya saluran-saluran yang memanjang yang saling berhubungan, di sebut Kanalis Haversi. Saluran ini di kelilingi oleh lamela konsentris. sehingga membentuk sistem havensi, sel-sel tulang terdapat pada lamela dari matriks.

Baca Juga :

Fungsi Jaringan Tulang Rawan
Bagian-Bagian Akar
Bagian Bagian Organel
Fungsi Membran Sel

Demikian artikel Pengertian Dan Fungsi Jaringan Tulang ini kami suguhkan untuk sobat semua, Jika sobat masih memiliki pertanyaan lain seputar artikel ini silahkan saja sobat tinggalkan komentar sobat di kotak komentar yang sudah saya sediakan di bagian bawah website ini, dan jangan sungkan pula untuk membagikan artikel ini kepada teman-teman sobat melalui media sosial facebook dan juga media sosial lainya, sampai bertemu di lain kesempatan dan terima kasih saya ucapkan.

Incoming search terms:

  • jaringan tulang
  • fungsi jaringan tulang
  • pengertian jaringan tulang
  • Fungsi dari jaringan tulang
  • jaringan tulang adalah
  • jaringan tulang dan fungsinya
  • fungsi lamela
  • fungsi lamela pada tulang
  • pengertian lamela
  • apa fungsi jaringan tulang
Fungsi Dan Pengertian Jaringan Tulang | yasri | 4.5