Fungsi Dan Bagian-Bagian Rongga Mulut Pada Manusia

Rongga mulut atau yang di sebut juga dengan kavan eris merupakan tempat pertama kali makanan masuk dan di mulainya pencernaan makanan. Di dalam rongga mulut makanan di cerna secara mekanis dan secara kimiawi. Waktu kita mengunyah, gigi geligi berfungsi untuk memecah makanan menjadi bagian-bagian kecil dalam hal ini lidah berfungsi membantu mengaduk makanan sehingga bercampur dengan ludah. Berikut beberapa alat pencernaan makanan dan kelenjar pencernaan yang terdapat di dalam rongga mulut.

Gigi
Gigi atau dentis berfungsi dalam proses pencernaan makanan secara mekanis, yaitu dengan cara mengunyah. Gigi mengalami diferensi dalam bentuk sesuai dengan tugas dan fungsinya. Berdasarkan bentuk dan fungsinya , gigi dapat kita bedakan menjadi beberapa bagian, yakni gigi seri, gigi taring dan gigi geraham. Nah untuk lebih kelasnya mari kita bahas satu-persatu penjelasanya di bawah ini.

Rongga Mulut

1. Gigi Seri

Gigi seri atau dentis insisivus merupakan jenis gigi yang berbentuk seperti pahat. Gigi seri berfungsi untuk memotong makanan yang sifatnya berserat dan berbongkah.

2. Gigi Taring

Gigi Taring atau dentis kanivus merupakan jenis gigi yang berbentuk gilig dengan ujung meruncing. Gigi taring berfungsi untuk menyobek atau mencabik makanan.

3. Gigi Geraham

Gigi geraham atau dentis molar/premolar merupakan jenis gigi yang berbentuk seperti bongkol, tapi memiliki ujung yang agak melebar. Gigi geraham berfungsi untuk mengunyah atau menggiling makanan.

Sebuah gigi terdiri atas tiga bagian utama, yaitu Mahkota gigi, leher gigi, dan akar gigi. Mahkota gigi merupakan bagian gigi yang paling mudah untuk di lihat, yakni bagian yang menonjol di ata gusi. Sementara itu leher gigi merupakan bagian yang di kelilingi oleh gusi, sedangkan akar gigi merupakan bagian yang tertanam di dalam lekukan-lekukan pada rahang.

Pada mahkota gigi terdapat lapisan keras pelindung gigi yang di sebut dengan email. Email tersusun atas komponen-komponen kalsium. Di bawah lapisan email terdapat dentim, sebuah lapisan tebal yang komposisi materinya merupai materi tulang. Pada bagian tengah gigi terdapat rongga gigi atau pulpa yang di dalamnya terdapat pembuluh darah dan syaraf. Dentin dan rongga gigi juga di temukan di dalam akar gigi. Akar gigi ada yang berjumlah satu dan ada yang berjumlah dua. kebanyakan akar gigi di lapisi oleh semen sehingga gigi melekat kuat ada tulang rahang.

Gigi dapat menjadi berlubang atau membusuk. Kerusakan gigi demikian dapat terjadi karena bakteri di dalam mulut merombak gula dan menghasilkan zat bersifat enzim yang dapat melarutkan gigi. Lubang gigi yang tidak di rawat dapat membesar dan mencapai pembuluh darah dan syaraf sehingga menimbulkan rasa sakit/nyeri. Kerusakan gigi dapat di cegah dengan melakukan diet terhadap makanan yang banyak mengandung gula, membiasakan diri untuk menggosok gigi setiap pagi dan malam sebelum tidur atau setelah selesai makan dan segera menambal gigi yang berlubang. selai itu, usaha lainya adalah melakukan pemeriksaan gigi setiap enam bulan sekali secara teratur.

Pada umumnya, manusia memiliki dua perangkat gigi, yakni gigi susu dan gigi tetap. apa yang di maksud dengan gigi susu dan gigi tetap.? nah untuk penjelasanya silahkan langsung simak penjelasanya di bawah ini.

Gigi Susu
Gigi susu atau dentis desidue adalah suatu perangkat gigi pada anak-anak yang usianya antar 6 bulan hingga 8 tahun. jika sudah sampai waktunya, maka gigi susu (gigi sulung) akan tanggal satu persatu dan kedudukanya akan di gantikan oleh gigi baru yang merupakan gigi tetap. jumlah gigi pada anak-anak seluruhnya 20 buah (8 gigi seri, 4 gigi taing, dan 8 gigi geraham) yang semuanya tersusun berderet pada rahang atas dan rahang bawah.

RUMUS GIGI SUSU

Geraham

Taring

Seri

Taring

Geraham

Rahang Atas

2

1

2

2

1

2

Rahang Bawah

2

1

2

2

1

2

Gigi Tetap
Gigi tetap atau dentis permanen meruakan gigi permanen pada manusia. jika gigi tetap tanggal, maka tidak akan ada lagi pergantian gigi baru. jumlah gigi tetap seluruhnya adalah 32 buah yang terdiri atas 8 gigi seri, 4 gigi taring, 8 gigi geraham depan (pramolar), dan 12 gigi geraham belakang (molar).

RUMUS GIGI TETAP

Geraham

Besar

Geraham Kecil

Taring

Seri

Taring

Geraham Kecil

Geraham Besar

Rahang Atas

3

2

1

2

2

1

2

3

Rahang Bawah

3

2

1

2

2

1

2

3

Baca juga :

Reproduksi Vegetatif Tumbuhan


Fungsi Usus Halus
Pencernaan Hewan Ruminansia
Sumber Protein

Nah demikian ya sobat artikel kali ini kita Bagian-Bagian Rongga Mulut Pada Manusia kita cukupkan sampai di sini dahulu, jika sobat masih kurang faham atau masih memiliki pertanyaan seputar rongga mulut ini, misalnya Penjelasan rongga mulut, Makalah rongga mulut, atau kerongkongan dan sebagainya. bisa langsung sobat tanyakan di kotak komentar yang ada di bagian bawah artikel ini. akhir kata dari saya terima kasih.

Incoming search terms:

  • rongga mulut
  • bagian bagian Mulut
  • bagian mulut
  • bagian rongga mulut
  • fungsi rongga mulut
  • Bagian dalam mulut
  • gambar rongga mulut
  • bagian2 mulut
  • bagian mulut dan fungsinya
  • bagian dari mulut
Fungsi Dan Bagian-Bagian Rongga Mulut Pada Manusia | yasri | 4.5