Pengertian Fungsi dan Bagian-Bagian Hati

Pembahasan kali ini tentu tidaklah kalah menariknya dengan pembahasan waktu lalu, dimana pada waktu itu saya membahas mengenai Keanekaragaman Hayati yang mendapat sambutan yang antusias, Kita mengetahui hati adalah organ peting bagi kelangsungan hidup manusia, Akan tetapi sudahkah kamu mengetahui dengan pasti bagai mana sih struktur hati itu sendiri, atau apa saja sih Bagian-bagian dari hati serta pengertian hati, Semua itu akan terjawab jika anda membaca artikel Penertian Dan Fungsi Hati ini secarah utuh dan tuntas.

fungsi hati manusia

Jika kita artikan secara Umum hati merupakan kelenjar  terbesar dalam tubuh yang beratnya sekitar 1300-1550 gram, berwarna merah cokelat, terdapat pembuluh darah yang banyak dan bersifat lunak. terbesar dalam tubuh yang beratnya sekitar 1300-1550 gram, berwarna merah cokelat, terdapat pembuluh darah yang banyak dan bersifat lunak. Hati berbentuk baji yang permukaan dasarnya ada pada sisi kanan dan puncaknya berada pada sisi kiri tubuh.

Lokasi Hati

Jika selama ini kita melihat banyak orang ketika mengungkapkan rasa cinta atau pun sejenisnya, dan mengataka hati, mereka lebih kerap menunjuk dada sebelah kiri, pada hal seperti yang kita ketahui bersama Dada sebelah kiri pada manusia adalah Organ Jantung, Jadi Pertanyaanya apakah hati memiliki tempat yang sama dengan Jantung.??

Lokasi Hati

Maka jawabanya adalah Kurang Tepat, Karena Hati terletak di bawah diafragma (membran otot yang memisahkan dada dari perut), terutama di bagian kanan atas perut, terutama di bawah tulang rusuk. Tidak hanya itu, bagian hati juga meluas di tengah perut bagian atas dan bagian jalan ke perut bagian atas kiri. Sebuah struktur berbentuk tidak teratur, yang solid seperti kubah, hati terdiri dari dua bagian utama (lobus kanan lebih besar dan lobus kiri lebih kecil) dan dua lobus kecil.Batas atas lobus kanan adalah pada tingkat atas kosta ke-5 (sedikit kurang dari 1/2 inci di bawah puting), dan batas atas dari lobus kiri adalah tepat di bawah tulang rusuk ke-5 (sekitar 3/4 inci di bawah puting). Selama inspirasi (menghirup), hati didorong turun oleh diafragma dan tepi bawah hati turun di bawah margin tulang rusuk terendah (batas kosta). Nah bagai mana sudah cukup jelas bukan penjelasan mengenai Letak organ hati, oleh karenanya Kamu bisa memperbaiki kebiasaanya orang yang bila mengatakan hati mereka menunjuk jantung,hehe

Bagian Bagian Hati Manusia

Pada dasarnya Hati dapat kita bagi menjadi empat Bagian atua yang lebih di kenal dengan Nama lobus. sementara ada dua lobus utama – lobus kanan, yang jauh lebih besar, dan lobus kiri. Setiap lobus terdiri dari unit multi-sisi yang disebut lobulus. Sebagian hati memiliki antara 50.000 dan 100.000 lobulus. Setiap lobulus terdiri dari vena sentral yang dikelilingi oleh sel-sel hati kecil dikelompokkan dalam lembaran atau bundel. Sel-sel ini kemudian melakukan pekerjaan hati dan Rongga sinusoid di kenal sebagai memisahkan kelompok seldalam sebuah lobulus.Sinusoid memberikan hati tekstur kenyal dan memungkinkan untuk menyimpan sejumlah besar darah.

Jika kita melihat dengan detail ternyata sistem suplai darah pada Hati tidak biasa seperti organ tubuh lainya. hati menerimah darah yang mengandung Oksigen dari jantung. Darah itu memasuki hati melalui arteri hepatik.hati juga menerima darah penuh dengan Nutrisi, atau partikel makanan yang di cerna, dari usus kecil. Darah ini memasuki hati melalui vena portal. Dalam hati, arteri hepatik dan cabang vena portal ke dalam jaringan pembuluh darah kecil yang bermuara di sinusoid.

Sel sel yang di miliki hati menyerap Nutrisi dan juga oksigen dari darah yang mengalir melalui sinusoid. Sel sel ini juga menyaring limbah dan racun yang datang, Pada waktu bersamaan sel sel tersebut mengeluarkan gula, vitamin, mineral, dan zat lainya ke dalam darah.Sinusoid mengalir ke vena sentral, yang bergabung membentuk vena hepatika. Darah meninggalkan hati melalui vena hepatika.

Pada lobulus juga terkandung kapiler empedu, yang berbentuk tabung kecil membawa empedu kemudian disekresikan oleh sel-sel hati. Kapiler empedu bergabung untuk membentuk saluran empedu, yang membawa empedu dari hati. kemudian setelah meninggalkan hati, saluran empedu bergabung bersama, membentuk duktus hepatika. Hati memproduksi empedu terus menerus, bahkan jika usus kecil tidak mencerna makanan. Kelebihan empedu mengalir ke kandung empedu, di mana disimpan untuk digunakan nanti. Empedu dari hati dan kandung empedu mengalir ke dalam usus kecil melalui saluran empedu.

Seperti yang sudah di Singgung di Atas hati merupakan organ padat terbesar dalam tubuh. mungkin banyak orang yang tidak tahu bahwasanya hati juga merupakan kelenjar terbesar dalam tubuh. Hati sebenarnya adalah dua jenis kelenjar. Ini merupakan kelenjar sekresi karena memiliki struktur khusus yang dirancang untuk memungkinkan untuk membuat serta mengeluarkan empedu ke dalam saluran empedu. Hal ini juga merupakan kelenjar endokrin karena itu membuat dan mengeluarkan bahan kimia secara langsung ke dalam darah yang memiliki efek pada organ-organ lain di dalam tubuh. Empedu merupakan cairan yang baik membantu dalam pencernaan dan penyerapan lemak serta membawa produk-produk limbah ke dalam usus.

Taukah Kamu di dalam tubuh manusia ada banyak kelenjar yang membuat dan mengeluarkan zat, termasuk pankreas (enzim pencernaan), tiroid dan kelenjar endokrin lainya(hormon), kelenjar lambung di perut(asam) dan kelenjar getah bening.

Fungsi Hati Pada Manusia

Jika Selama ini di dalam fikiran kita tertanam Bahwasanya Fungsi hati untuk merasakan Emosi dan sejenisnya, ternyata Hati juga memiliki Fungsi Yang lebih komplek, di antaranya sebagai Berikut ini :

obat obatan

Menawarkan racun dan menetralkan racun (detoksifikasi)

Hati Mampu menghilangkan racun yang masuk ke dalam darah dengan cara membersihkannya terhadap zat-zat yang berbahaya misalnya alkohol dan obat-obatan yang kita minum baik secara sengaja maupun tidak sengaja.

Metabolisme karbohidrat

Glukosa dan monoksarida lain seperti galaktosa dan fluktosa diubah ke glikogen. Glikogen merupakan karbohidrat pembentukannya dari ratusan unit glukosa yang terikat secara bersama. Keuntungan menyimpan karbohidrat menjadi glikogen adalah memudahkan dalam menghasilkan energi, produksi energi yang tinggi, tidak mengganggu kandungan dari cairan antarsel.
Membantu membuang zat bilirubin

Tau kah kamu Pembaca genggaminternet.com Bilirubin adalah zat yang tidak baik bagi tubuh sehingga harus dibuang melalui sistem ekskresi

Metabolisme lemak

Tau kah kamu Pembaca genggaminternet.com lemak akan keluar ketika dibutuhkan tubuh dari tempat penyimpanannya yang kemudian diangkut melalui darah menuju ke hati dan selanjutnya dipecah menjadi asam lemak dan gliserol

Sebagai tempat pembentukan dan pembongkaran sel darah merah

Tau kah kamu Pembaca genggaminternet.com Dalam 6 bulan kehidupan janin, hati akan menghasilkan sel darah merah yang berangsur-angsur diambil alih oleh sumsum tulang dimana terdiri dari 3 juta sel darah melewati hati yang akan dihancurkan dalam setiap detiknya. dan zat yang masih terdapat dalam darah digunakan untuk membentuk sel darah merah yang baru.

Metabolisme protein

Tau kah kamu Pembaca genggaminternet.com Terdapat asam amino yang tidak butuhkan oleh tubuh yang dikeluarkan dalam bentuk urea dan asam urat melalui sel hati ke dalam darah untuk diekresi oleh ginjal dan kemudian dibuang melalui urine.

Tempat penyimpanan berbagai zat

Tau kah kamu Pembaca genggaminternet.com Hati juga merupakan tempat dalam penyimpanan berbagai zat seperti lemak, glikogen, vitamin A, B12, D, dan K, serta zat besi.

Sintetis kolesterol dan protein plasma

Hati dapat mensintetis koleterol dan steroid serta produk protein plasma misalnya prtorombin, fibrinogen, dan sebagian besar globulin.

Menghasilkan zat yang dapat melarutkan lemak

Hati menghasilkan sekitar 0,5 – 1 liter cairan empedu dalam setiap hari. Cairan empedu tersebut akan melarutkan lemak yang ada didalam usus.

Mengatifkan vitamin D

Hati dan peran ginjal yang keduanya berpartisipasi dalam mengaktifkan vitamin D

 

Note ::

note2

Berikut Beberapa Istilah yang mucul di pembahasan di atas yang mungkin ada sebagain besar teman-teman kurang memahaminya, oleh karenanya pada akhir artikel ini saya buat catatanya.

Vena hepatika

Pembuluh darah yang berfungsi dalam mengangkut darah terdeoksigenasi dan darah yang telah disaring oleh hati adalah darah dari lambung, usus kecil, usus besar, pankreas ke vena kava inferior.

Vena sentralis

Pada bagian tengah tiap lobulus. Vena bergabung menjadi vena yang lebih besar dan membentuk vena hepatika yang selanjutnya menuju ke dalam vena kava interior.

Lakuna

Adalah ruangan yang memisahkan antara satu lobulus dengan lobulus lainnya.

Diafragma

Ini merupakan membran otot yang memisahkan dada dari perut.

Kantung empedu

Ini merupakan bagian dari sistem empedu yang berfungsi dalam reservoir penyimpanan untuk empedu.

Arteri hepatika

Adalah sebuah arteri yang berfungsi dalam mendistribusikan darah ke hati, pankreas dari empedu serta lambung bagian duodenum dari usus halus.

Sangat Menarik Pembahasan kali ini, sampai-sampai saya tidak sadar jika sudah menulis melebihi 1300 Kata, cukup banyak yang mana sebelumnya jarang-jarang saya membuat artikel sepanjang ini, semoga walapun panjang teman-teman dan juga Adik-adik yang belajar tidak bosen ya, karena belajar dengan gigih adalah kunci kesuksesan kita di masa hadapan, sayasudahi dahulu artikel kali ini,terima kasih sudah membaca.

 

Incoming search terms:

  • bagian bagian hati
  • bagian hati
  • hati manusia
  • bagian bagian hati dan fungsinya
  • gambar hati manusia
  • bagian-bagian hati
  • bagian hati dan fungsinya
  • pengertian hati
  • fungsi bagian bagian hati
  • struktur hati
Pengertian Fungsi dan Bagian-Bagian Hati | yasri | 4.5