9 Contoh Negara Maju Dan Berkembang

Sahabat genggaminternet.com senang sekali rasanya bisa menyapa teman-teman kembali untuk melengkapi artikel sebelumnya (baca : daftar negara maju dan berkembang), dimana di artikel tersebut sudah di bahas tentang list atau daftar negara-negara berkembang yang ada di seluruh dunia, nah di artikel ini kita akan mencoba untuk membahas mengenai 9 negara baik itu negara berkembang maupun negara Maju, nah negara mana sajakah itu.?

Taukah sobat genggaminternet.com bahwasanya Sebagian besar negara maju berada di Amerika utara dan Eropa, Sementara itu untuk wilayah Asia Jepang, Singapura dan Korea selatan termasuk negara maju. Dan jika kita berbicara negara yang cukup pesat dalam kemajuan di bidang ekonomi adalah Amerrika dan Jepang, Untuk mengenal lebih dekat 9 Contoh negara maju dan berkembang mari langsung kita lihat profil negara-negara tersebut di bawah ini.

Contoh Negara-Negara Maju

1. JEPANG

Peta Negara Jepang

Negara pertama yang akan kita bahas adalah Negara Jepang, dilihat dari geografis jepang terletak di kawasan Asia timur yakni tepatnya ddi barat laut samudra pasifik. Jepang terdiri dari 4 buah pulau utama yakni Hokkaido, Honshu, Shikoku, dan Kyushu. Jika di lihat Secara astronomis Jepang terletak pada 30o LU-47o LU dan 128o BT-146o BT. Penduduk Jepang terkenal memiliki etos kerja yang tinggi, disiplin, dan kerja keras. Hal ini tentu saja turut mendorong kemajuan Jepang di segala bidang, terutama di sektor ekonomi. Kegiatan perekonomian Jepang terbagi menjadi beberapa sektor sebagai berikut ini.

japan

a. Pertanian

Luas lahan pertanian yang ada di negara ini hanyalah 16% dari seluruh daratan yang ada di negara jepang, akan tetapi hasilnya sangatlah memuaskan. hasil pertannianya adalah padi, kentang, jagung, gandum, kacang, kedelai, murbei, tembakau, bit gula, dan tanaman obat-obatan. Kemajuan pertanian di Jepang didukung oleh beberapa faktor sebagai berikut ini :

Lahan pertaniannya terdiri atas tanah vulkanis yang subur.
Pertanian dikerjakan secara intensif danmekanis dengan sistem hidroponik.

b. Perikanan

Taukah Sobat di sektor perikanan Jepang merupakan produsen ikan nomor satu di dunia. Hasil-hasil perikanannya antara lain ikan sardine, haring, salmon, kerang mutiara, ikan tuna, ikan hiu, dan ikan paus. Beberapa faktor yang mendorong kemajuan perikanan di Jepang sebagai berikut.

  • Menggunakan teknologi dan peralatan penangkapan ikan modern.
  • Memiliki pelabuhan-pelabuhan alam yang baik untuk dermaga perikanan.
  • Dukungan industri perkapalan di Jepang.
  • Penangkapan ikan sampai laut jauh.
  • Perairan di Jepang kaya ikan terutama di bagian timur.
  • Jepang dilalui arus Oya Syiwo dan Kuro Syiwo (arus dingin dan panas).

c. Perindustrian

Industri Negara Jepang

Taukah sobat Negara jepang adalah negara Industri terbesar kedua di dunia setelah Amerika serikat, Dan faktor-faktor yang mendorong kemajuan industri kepang Adalah sebagai berikut ini :

  • Sistem transportasi yang baik di dalam negeri.
  • Jangkauan pemasaran hasil industrinya luas.
  • Kegiatan industri dilakukan 24 jam dalam sehari.
  • Para pekerja mempunyai semangat dan kemauan untuk bekerja keras.
  • Tersedianya tenaga kerja ahli dan terampil.
  • Upah buruh relatif murah.
  • Kaya sumber tenaga air atau batu bara putih.
  • Memiliki banyak pelabuhan alam.industri di Jepang

2. AMERIKA SERIKAT

Negara Amerika Serikat

Negara Amerika Serikat atau kadang di kenal dengan Julukan Negara Adikuasa, Negara Superpower, dan Negara Paman Sam. Semenjak Uni Soviet runtuh, maka Amerikalah yang menjadi satu-satunya negara adikuasa di Dunia ini. USA memiliki kekuatan ekonomi terbesar di dunia. pendapatkan per kapita penduduk mecapai 47.400 US Dollar, Nah untuk lebih jelasnya tentang perekonomian negara amerika dapat kita lihat sebagai berikut ini.

a. Industri

Berikut ini Faktor-faktor yang memengaruhi kemajuan industri di Amerika Serikat :

  • Kekayaan sumber daya alam melimpah
  • Memiliki modal yang besar
  • Memiliki potensi pasar nasional dan internasional
  • Kualitas sumber daya manusia yang tinggi
  • Memiliki teknologi yang tinggi
  • Memiliki organisasi yang sudah teratur

Jenis Serta lokasi industri penting di Amerika Serikat dapat sobat genggaminternet.com ketahui dengan membaca tulisan di bawah ini :

  • Industri mobil, mesin-mesin, dan bahan kimia terletak di Detroit, Chicago, Cleveland, dan Buffalo.
  • Industri pesawat terbang yang terletak di Los Angeles dan Akron.
  • Industri tekstil yang terletak di George dan California.
  • Industri minyak, kapal, alat listrik, dan kimia terdapat di Texas, New York, Baltimore, dan Philadelpia.
  • Industri pengolahan hasil pertanian terdapat di St. Luis, Mineapolis, Kansas City, dan memphis.
  • Industri besi baja terdapat di Pitssburg, Cleveland, Birmingham, dan Duluth.
  • Industri tembaga terdapat di Anaconda.

b. Perdagangan

taukah sobat genggaminternet.com bahwasanya Kegiatan ekspor dan impor di Amerika Serikat berkembang dengan pesat. Barang-barang yang diekspor antara lain mesin-mesin, kapal laut, kapal terbang, besi baja, mobil, alat elektronik, senjata, makanan kaleng, susu, obat-obatan, jagung, gandum, kapas, dan wol. Barang-barang yang diimpor antara lain kayu, minyak bumi, gas alam, kopi, teh, gula, karet, cokelat, timah putih, dan bauksit.

c. Pertanian

Negara Paman Sam ini memiliki lahan pertanian yang luas, sekitar 47% dari luas daratannya. Pertanian di Amerika Serikat menggunakan teknologi modern. Tanaman yang dibudidayakan antara lain jagung, gandum, biji-bijian, buah-buahan, dan sayur-sayuran. Daerah penghasil gandum disebut Wheat Belt. Daerah penghasil jagung disebut Corn Belt. Daerah penghasil kapas disebut Cotton Belt.

d. Pertambangan

Taukah sobat Bahwa Negara ini memiliki berbagai macam hasil tambang, Berbagai hasil tambang dan lokasi tambang yang ada di Amerika Serikat di antaranya sebagai berikut:

  • Minyak bumi terletak di California, Texas, Oklahoma, Lousiana, New Meksiko, dan Pensylvania.
  • Batu bara terletak di Pensylvania Barat, Kentucky, Virgina Barat, Lowa, Oklahoma, Missiouri, Michigan, dan Indiana.
  • Bijih besi terletak di sekitar Danau Superior dan Pegunungan Allegheny.
  • Molebdenum terletak di Utah dan Kolorado.
  • Tembaca terletak di Utah, Montana, dan Arizona.
  • Emas terletak di Nevada, Sacramento, dan Colorado.

3. SELANDIA BARU

Negara Selandia Baru

Negara selandia Baru dalam bahasa Maori disebut Aotearroa (artinya Tanah Awan Putih Panjang), adalah sebuah kepulauan di barat daya Samudra Pasifik di Tenggara Australia. Selandia Baru teridiri dari dua pulau besar dan beberapa pulau kecil lainya. New Zeland merupakan negara demokrasi parlementer dan sbuah wilayah persemakmuran Britania (commonwealt Realm). Selandia Baru bertanggung jawab atas Negara pemerintah sendiri Kepulauan Cook dan Niue serta mengatur Tokelau dan Depedensi Ross.

4. PERANCIS

Negara Perancis

Perancis merupakan sebuah Negara yang terletak di Eropa Barat, yang berbatasan dengan teluk biscaye di sebelah barat, selat Inggris (La Manche) di Utara, Belgia, Jerman, dan Swiss di Timur, Spanyol, Andora, Monako, dan Laut Tengah di Selatan, serta Italia di Tenggara.
Perancis merupakan negara yang terkenal dengan dunia adibusananya (fashion), roti, anggur, musik, kereta api, super cepat TGV, dan resor-resorskinya di Pengunungan Alpen, dekat perbatasan Swiss. Orang Perancis juga sangat bangga dengan bahasanya sehingga mereka hampir tidak mau berbahasa asing lain di negerinya. Perancis salah satu dari 3 negara penghasil produk pertanian terbesar di Uni Eropa bersama Inggris dan Jerman.

5. KOREA SELATAN

Negara Korea Selatan

Korea Selatan merupakan sebuah negara di Asia Timur yang meliputi bagian selatan Semenanjung Korea. Di sebelah utara, Republik Korea (Korea Selatan) berbatasan dengan Korea Utara, di mana keduanya pernah bersatu sampai tahun 1948. Laut Kuning di sebelah barat, Jepang di seberang Laut Jepang dan Selat Korea di bagian tenggara. Negara ini di kenal dengan budayanya yang mendunia. Banyak sekali artis-artis (boyband dan girlband) dunia yang berasal dari Korea Selatan. Selain itu, Korea Selatan termasuk negara maju karena merupakan salah satu negara industri terbesar di dunia. Di Korea Selatan terdapat beberapa perusahaan industri terkenal seperti KIA, LG, dan Samsung.

6. SINGAPURA

Negara Singapura

Ini dia Negara tetangga kita, yang memiliki luas wilayah yang sangat kecil. Singapura adalah satu-satunya negara maju yang berada di luar garis khayal dalam peta dunia negara maju dan berkembang. Hal tersebut mungkin disebabkan karena Singapura berukuran sangat kecil dan diapit oleh banyak negara-negara berkembang yang sangat luas. Singapura dikenal sebagai negara transit dan memiliki salah satu pelabuhan barang terbesar di dunia. Pemerintah disana memiliki kebijakan ketat dalam hal pendidikan, kesehatan, dan bahkan ketertiban. Itulah mengapa semua warga negara Singapura memiliki pemikiran yang maju dan memiliki tingkat kedisiplinan yang tinggi. Sehingga perkembangan Singapura menjadi sangat pesat dan bahkan menjadi magnet ekonomi bagi negara-negara di sekitarnya walaupun Singapura tidak memiliki sumber daya alam sedikitpun. Disana juga telah berkembang beberapa industri semikonduktor yang berkontribusi besar dalam perekonomian Singapura.

Contoh Negara-Negara Berkembang

1. MEKSIKO

Negara Meksiko

Meksiko merupakan sebuah Negara di Amerika Utara yang berbatasan dengan Amerika Serikat di utara dan Belize dan Guatemala di tenggara. Meksiko adalah Negara paling utara dan barat di Amerika Latin dan Negara dengan penutur bahasa Spanyol terbanyak di dunia.

2. MALAYSIA

Negara Malaysia

Malaysia merupakan sebuah negara federasi. Di negara ini, sektor pertanian masih menjadi andalan. Walaupun Malaysia telah memiliki beberapa industri terkenal seperti mobil Proton. Malaysia (terutama di bagian Borneo) diliputi hutan hujan tropis yang sangat luas.

3. INDIA

Negara India

India adalah salah satu negara yang berada di kawasan Asia Selatan. jika di lihat Secara astronomis India terletak pada 8o LU-37o LU dan 68o BT-97o25’BT. Luas wilayah yang di miliki negara India adalah 3.316.500 km2. India memiliki jumlah penduduk yang besar. Berdasarkan data dari World Factbook, diperkirakan jumlah penduduk India adalah 1.173.108.018 jiwa.
India memiliki bentang alam yang bervariasi. Di bagian utara merupakan daerah Pegunungan Himalaya. Daerah ini terdiri atas deretan pegunungan dengan dataran tinggi dan lembah besar. Pegunungan utamanya adalah Pegunungan Himalaya dengan puncak tertinggi adalah Mount Everest yang selalu tertutup salju. Di bagian tengah adalah Dataran Rendah Gangga. Di daerah ini mengalir beberapa sungai besar antara lain Sungai Gangga dan Brahmaputra. Daerah tersebut merupakan dataran rendah yang subur dan sebagai pusat pertanian di India. Semenanjung India bagian selatan merupakan daerah perbukitan dan dataran tinggi, yaitu Dataran Tinggi Dekan.

Nah sobat, Artikel kali ini kita cukupkan sampai di sini ya, Mohon maaf ya jika di artikel ini banyak kekurangan, dan jika sobat ada pertanyaan atau ingin menambahakan artikel ini, silahkan saja ya sobat hubungi admin di kotak komentar ataupun di Contac us yang sudah admin sediakan, terima kasih sudah meluangkan waktunya, kita akan bertemu kembali di artikel berikutnya.

Incoming search terms:

  • profil negara maju
  • PROFIL NEGARA BERKEMBANG
  • negara maju di asia timur
  • contoh Negara Maju di dunia
  • profil negara maju dan berkembang
  • jepang sebagai negara maju
  • contoh negara negara maju
  • negara berkembang di asia timur
  • negara yang memiliki potensi batu bara
  • negara jepang
9 Contoh Negara Maju Dan Berkembang | yasri | 4.5