Bagian-Bagian Tumbuhan: Struktur dan Fungsi Akar

Struktur dan Fungsi Akar Pada Tumbuhan – Sobat kali ini kita akan kembali membahas mengenai Organ Tubuh yang di miliki oleh tumbuhan, yang mana kali ini kita akan membahas terlebih dahulu organ tubuh tumbuhan yang paling bawah yakni Akar, Kita akan mencoba membahas mengenai bagian-bagian akar, Struktur akar, Fungsi akar dan Fungsi Rambut akar. Yang kesemuanya InsyaAllah akan kita bahas secara tuntas di sini, Oleh karenanya perlu untuk sobat simak dengan seksama artikel kali ini. Nah untuk sobat yang sudah tidak sabar ingin membacanya mari kita langsung saja membacanya di bawah ini ya soobat.

Akar berasal dari akar lembaga, Yaitu akar yang pertama kali tumbuh dari embrio dalam biji. Pada tumbuhan dikotil dan tumbuhan biji terbuka. akar lembaga terus tumbuh sehingga di hasilka akar tunggang. pada akar tumbuhan monokotil, akar lembaga mati. selanjutnya dari pangkal batang akan tumbuh akar-akar yang mempunyai ukuran hampir sama. di sebut akar serabut.

akar serabut

Akar monokotil dan dikotil, ujungnya dilindungi oleh tudung akar atau kaliptra yang penting saat menembus lapisan tanah. Pada akar tumbuhan monokotil, diantara kalipta dan ujung akar terdapat sel-sel pembentuk kaliptra, disebut kaliptrogen. Sel-sel kaliptra yang letaknya dekat ujung mengandung butir-butir zat tepung, dinamakan kolumela. menurut dugaan para pakar biologi, kolumela ini mempengaruhi arah pertumbuhan akar.

akar tunggang

a. Fungsi Akar
akar merupakan tumbuhan yang mempunyai Fungsi sebagai berikut ini.

  • Untuk menambatkan tubuh tumbuhan pada tanah atau substrat tempat hidupnya. Kedalaman dan luasnya akar umumnya berimbang dengan ketinggian dan ringangnya tumbuhan.
  • Pada beberapa jenis tumbuhan. akar berfungsi untuk menyimpan cadangan makanan
  • Untuk menyerap air dan hara tanah serta mengalirkan ke batang

b. anatomi akar
apa bila di lakukan pengamatan dengan alat pembesar yang berupa mikroskop terhadap sayatan akar maka akan tampak macam-macam jaringan yang menyusun akar. Pada sayatan memanjang dari ujung akar tampak adanya

  • Tudung akar
  • Daerah pembelahan sel
  • Daerah pembentangan sel
  • Daerah diferensiasi atau pematangan sel

Pada sayatan melintang akar muda akan terlihat dari luar kedalam jaringan-jaringan penyusunya, yaitu sebagai berikut ini.

  • Epidermis
  • Korteks
  • Endodermis/Kulit dalam
  • Stele atau silinder pusat

silinder pusat

– Epidermis Akar
sel-sel epidermis tersusun rapat, setebal selapis sel, serta tidak mempunyai ruang antar sel. Dinding selnya tipis bersifat semipermeabel, seta mudah dilewati air dan hara tanah. Sel-sel epidermis yang terletak dibelakang titik tumbuhan akat dan segaris dengan xilem, dapat tumbuh membentuk bulu akar. Terbentuknya bulu akar menyebabkan permukaan akar menjadi lebih luas sehingga penyerapan zat menjadi lebih efesien. Makin jauh dari ujung akar, dinding sel-sel epidermis mengalami penebalan sehingga bersifat impermiabel(Tidak dapat dilalui oleh air dan hara tanah). Sel-sel Epidermis akar yang telah mengalami penebalan mempunyai fungsi pokok sebagai pelindung jaringan disebelah dalamnya.

– Korteks
Korteks atau Kulit pertama akar terdiri atas lapisan-lapisan sel berdinding tipis. sel-sel tersebut tidak tersusun rapat sehingga mempunyai banyak ruang antar sel yang penting untuk pertukaran zat.

– Endodermis/Kulit Dalam
Sebenarnya endodermis merupakan lapisan terdalam korteks dan sekaligus sebagai pemisah antara korteks dengan silinder pusat. sel-sel endodermis tersusun rapat tanpa ruang antar sel.
Sel endodermis yang masih muda dinding selnya tipis dan bersifat semipermeabel. Namun, sejalan dengan bertambahnya umur tumbuhan, dinding sel-sel endodermis yang bertambah umurnya juga mengalami perubahan. Mula-mula dinding sel yang letaknya tegak lurus dengan silinder pusat mengalami penebalan zat gabus atau suberin. Di bawah mikroskop , penebalan ini tapak seperti titik-titik gabus, disebut titik caspari. Penebalan dinding sel oleh gabus ini menyebabkan dinding sel ini tersebut tidak dapat dilalui air (Bersifat impermeabel). Untuk menuju silinder pusar, Air melalui dinding sel yang letaknya sejajar dengan silinder pusat dan protoplasma yang bersifat semipermeabel.

struktur akar

Pertumbuhan selanjutnya, enebalan zat gabus tersebut sampai pula pada dinding sel yang letaknya berhadapan langsung dengan silinder. Bila sel-sel endodermis yang dindingnya mengalami penebalan tersebut di amati dibawah mikroskop. Tampak seperti huruf U maka di sebut sel U. Dengan demikian, air dari konteks tidak dapat menuju silinder pusat melalui sel U tersebut.
Untuk menjaga agar air tetap dapat masuk ke silinder pusat, Sel-sel endodermis yang letaknya segari dengan Xilem dindingnya tidak mengalami penebalan. Sel-sel ini disebut sel peresap atau sel penerus.

– Stele atau silinder pusat
Stele merupakan bagian terdalam dari akar. Bagian ini terdiri atas beberapa macam jaringan, yakni sebagai berikut

1. Prisikel atau prikambium, merupakan lapis terluar dari setele, dalam perkembangan selanjutnya, sel-sel perisikel yang letaknya segaris dengan xilem dapat berubah menjadi jaringan meristem. Sel-selnya membelah kearah luar, akhirnya terbentuklah cabang akar. karena pembentukan cabang akar dimulai dari silinder pusat (dari lapis perisikel) maka pertumbuhan cabang akar tersebut bersifat Endogen.

2. Vasis atau berkas pembuluh angkat, terdiri atas xilem dan floem, yang tersusun bergantian menurut arah jari-jari, Pada tumbuhan dikotil, diantara Xilem dan Floem terdapat kambium. dalam penampang melintang akar, Kambium tampak seperti bintang, kambium ini merupakan titik tumbuh sekunder ke dalam membentuk xilem dan keluar membentuk Floem.

3. Jaringan Parenkim, Jaringan pengisi daerah diantara vasis, Jaringan ini biasa di sebut dengan jaringan empulur

Baca Juga :

Pengertian Organel
Fungsi Selaput Plasma
Teori Tentang Sel
Bagian-Bagian Sel

Nah sobat saya rasa artikel Bagian-Bagian Tumbuhan: Struktur dan Fungsi Akar  ini cukup sampai disini dahulu ya, Jika sobat masih ada yang ingin di tanyakan, silahkan saja sobat tinggalkan pertanyaan sobat di kotak komentar yang ada di bagian bawah artikel ini ya sobat. Jangan lupa baca juga artikel selanjutnya di website genggaminternet ini, terima kasih dan sampai bertemu kembali di lain kesempatan, terima kasih.

Incoming search terms:

  • penampang akar
  • gambar penampang akar
  • penampang akar dan fungsinya
  • gambar penampang akar dan fungsinya
  • penampang memanjang akar
  • penampang akar tumbuhan
  • penampang memanjang akar tumbuhan
  • gambar penampang memanjang akar
  • fungsi penampang akar
  • gambar penampang memanjang akar tumbuhan
Bagian-Bagian Tumbuhan: Struktur dan Fungsi Akar | yasri | 4.5