Bagian-Bagian Ginjal Berserta Fungsinya

Bagian-Bagian Ginjal Berserta Fungsinya – Sobat genggam internet, tentunya sobat sudah membaca dan memahami artikel sebelumnya yang pernah kita bagikan pada kesempatan yang lalu, yang mana artikel tersebut adalah artikel tentang Pengertian Sendi Dan Bagian Bagian Sendi, Nah pada kesempatan kali ini kita masih belum beranjak ke materi biologi yang mana kita akan membahas mengenai bagian bagian ginjal pada manusia, tentu saja ini akan menjadi pembahasan yang menarik, mengingat betapa pentingnya fungsi ginjal bagi tubuh manusia, tentu sobat penasaran dengan bagian-bagian ginjal serta fungsinya, baiklah untuk lebih jelasnya mari kita teruskan membaca artikel ini.

Ginjal adalah dua organ yang sangat berperan daam pembersihan tubuh manusia, yang mana terdiri dari dua buah yang memiliki ukuran sebesar kepalan tangan. Ginjal berfungsi untuk menyaring darah serta merupakan salah satu bagian dari sistem ekskresi pada manusia (silahkan baca : sistem ekskresi pada manusia). pada manusia umumnya ginjal terdiri dari dua pasang yang terletak di bagian bawah perut. Ginkal terdiri dari banyak bagian, ada 20 bagian utama dan bagian yang turut terlibat yaitu kelenjar adrenal, ginjal, arteri ginjal, vena ginjal, vena cava inferior, aorta abdominalis, ureter, kandung kemih, uretra, calyces, pelvis, medula, korteks, nefron, glomerulus, kapsula bowman, tubulus kontortus proksimal, lengkung henle, tubulus kontortus distal, dan tubulus kolektivus.

Posisi gingal berada pada rongga perut manusia sebelah kanan dan juga kiri ruas tulang belakang, Agar sobat lebih memahaminya alangkah baiknya jika sobat melihat gambar di bawah ini, Yang mana gambar di bawah ini adalah ilustrasi gambar ginjal dalam perut perempuan Pada laki-laki letak dan susunan ginjal juga memiliki kesamaan akan tetapi yang membedakanya hanya di bagian Uterus saja, baik langsung saja lihat gambarnya di bawah ini.

Bagian Bagian Ginjal

Berikt Penjelasan Bagian-Bagian Ginjal Pada Manusia

1. Kapsul Ginjal

Kapsul ginjal (kapsula renal) adalah bagian paling luar ginjal yang berfungsi untuk membungkus dan melindungi ginjal. Kapsul ginjal terdiri dari membran fibrosa (jaringan ikat). Strukturnya halus, tipis, dan transparan.

2. Korteks
Korteks adalah lapisan sekunder ginjal. Pada korteks terdapat sebagian bagian nefron yaitu glomerulus, tubulus kontortus proksimal, dan tubulus kontortus distal.

3. Medula
Medula adalah lapisan dalam ginjal yang berbentuk seperti piramida (kerucut) terbalik. Pada medula terdapat sebagian bagian nefron yaitu lengkung henle (baik itu naik maupun turun) dan tubulus kolektivus.

4. Pelvis
Pelvis adalah bagian paling tengah dari ginjal. Fungsi pelvis adalah sebagai tempat penampungan sementara urine dan sebagai tempat bermuaranya tubulus kolektivus. Setelah ditampung, urine akan dibawa ke kandung kemih melalui ureter.

5. Arteri dan Vena
Arteri adalah pembuluh nadi yang berfungsi membawa darah kotor untuk disaring di dalam ginjal Sedangkan vena adalah pembuluh balik yang berfungsi membawa keluar darah yang sudah disaring.

6. Piala Ginjal
Piala ginjal adalah struktur pada pelvis yang berfungsi mengalirkan urine dari pelvis ke ureter.

Bagian Ginjal

7. Nefron
Nefron adalah bagian paling utama dari ginjal karena berfungsi sebagai tempat penyaringan darah. Ginjal terdiri dari sekitar satu juta nefron. Setiap nefron terdiri dari glomerulus, tubulus kontortus proksimal, lengkung henle, tubulus kontortus distal, dan tubulus kolektivus.

8. Glomerulus
Glomerulus adalah saluran awal darah yang masuk dari arteri. Fungsinya adalah untuk melakukan salah satu dari tiga proses penyaringan darah yaitu filtrasi. Filtrasi adalah proses penyaringan darah dengan cara meloloskan molekul yang berukuran lebih kecil (termasuk air, urea, dan asam amino) dari sel darah. Molekul yang lolos penyaringan (disebut urine primer/filtrat glomerulus) akan dibawa menuju tubulus kontortus proksimal, sedangkan sel darah akan dibawa menuju tubulus lain. Glomerulus diselubungi oleh kapsula Bowman.

9. Tubulus Kontortus Proksimal
Tubulus kontortus proksimal adalah bagian selanjutnya yang berfungsi untuk melakukan proses reabsorpsi. Reabsorpsi adalah proses penyerapan kembali molekul/zat yang masih diperlukan oleh tubuh seperti glukosa, air, asam amino, dan berbagai macam ion. Glukosa dan asam amino diserap melalui peristiwa difusi, sedangkan air diserap melalui peristiwa osmosis. Hal ini membuat kadar urea dalam urine menjadi lebih tinggi. Urine yang telah melewati tubulus kontortus proksimal disebut urine sekunder.

10. Lengkung Henle
Lengkung henle adalah penghubung antara tubulus kontortus proksimal dan tubulus kontortus distal. Strukturnya yang melengkung ke bawah berfungsi mencegah urine agar tidak kembali lagi ke tubulus kontortus proksimal.

11. Tubulus Kontortus Distal
Tubulus kontortus distal adalah bagian yang berfungsi untuk melakukan proses augmentasi. Augmentasi adalah proses penambahan zat sisa yang tidak diperlukan lagi seperti air dan empedu. Urine hasil proses augmentasi disebut urine sesungguhnya yang paling mirip dengan urine yang dikeluarkan saat buang air kecil.

12. Tubulus Kolektivus
Tubulus kolektivus adalah saluran pengumpul urine yang dihasilkan oleh setiap nefron untuk dibawa menuju pelvis.

Baca Juga artikel lainnya yang tak kalah menarik di bawah ini :

Incoming search terms:

  • bagian ginjal dan fungsinya kelas 9
  • bagian ginjal yang berfungsi menyaring darah terdapat pada
  • fungsi bagian ginjal
  • fungsi bagian bagian ginjal
  • fungsi tubulus kontortus proksimal
  • apa saja bagian bagian ginjal yang berada pada lapisan korteks
  • bagian dan fungsi ginjal
  • bagian bagian ginjal beserta fungsinya
  • apa saja bagian ginjal yang berada pada lapisan korteks
  • bagian ginjal yg berfungsi menyaring darah terdapat pada
Bagian-Bagian Ginjal Berserta Fungsinya | yasri | 4.5